Gula memang menjadi bahan pemanis yang sudah pasti ada di dapur kita masing-masing. Bukan hanya itu saja, gula pun bisa dengan mudah kita temui pada berbagai jajanan, baik makanan maupun minuman yang kita beli.

Sebenarnya, apakah gula hanya terdiri atas satu jenis saja? Tentu tidak! Soalnya, ada beberapa jenis gula manis yang juga bisa kita temui di pasaran. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya melalui ulasan berikut ini ya!

1. Gula Pasir

Gula yang satu ini memang menjadi jenis gula yang paling banyak dikenal di pasaran. Apalagi, ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang menggunakan gula pasir. Pada dasarnya, gula ini terbuat dari tanaman tebu dan kemudian diolah hingga membentuk tekstur butiran.

2. Gula Kastor

Gula kastor merupakan jenis gula pasir yang dibuat dengan cara ditumbuh lebih halus. Untuk melakukannya, gula pertu dimasukkan ke dalam wadah dan kemudian dihaluskan dengan ulekan. Hal ini kemudian akan membuat gula kastor memiliki tekstur yang lembut.

3. Brown Sugar

Brown sugar alias gula coklat merupakan jenis gula yang terbuat dari gula pasir dengan campuran molase alias sari tebu yang warnanya coklat. Hal inilah yang memberikan warna coklat pada brown sugar. Sementara itu, brown sugar juga memiliki aroma karamel yang sangat khas dan rasa yang legit sehingga cocok untuk membuat cookies.

4. Gula Batu

Rasa gula ini memang tidak semanis gula pasir. Akan tetapi, gula batu memiliki rasa yang legit sehingga sangat cocok menjadi pemanis tambahan pada minuman kita. Sesuai dengan namanya, gula yang satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti batu kristal. Warnanya bening dan terbuat dari larutan air tebu yang digabungkan dengan air.

5. Gula Merah

Gula merah merupakan jenis gula yang juga kerap disebut sebagai gula jawa. Gula yang satu ini memang termasuk sebagai salah satu jenis gula tradisional yang kerap ditemui di Indonesia. Untuk membuat gula merah, dibutuhkan air nira alias air yang berasal dari buah aren. Air tersebut kemudian direbus hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.